Berita
Loading...

Cara membersihkan lensa kontak dengan benar

Cara membersihkan lensa kontak
Lensa kontak. ©Shutterstock.com/Africa Studio

Cara membersihkan lensa kontak - Sebagian orang lebih sering menggunakan lensa kontak, dan ini sudah menjadi kebiasaan semua orang setiap harinya. Meskipun begitu, bukan berarti membersihkan lensa kontak bisa dilakukan dengan mudah dan menjadi hal yang remeh. di bawah ini adalah cara membersihkan lensa kontak dengan benar.

Cara membersihkan lensa kontak


1. Mencuci tangan
Sebelum memegang lensa kontak bersihkan dulu tangan Anda. Gunakan sabun yang lembut tanpa parfum dan tambahan apapun. Parfum dan tambahan pada sabun biasanya menyebabkan lapisan pada tangan yang bisa mengiritasi mata.

2. Mengeringkan tangan
Pastikan tangan sudah kering dan bersih saat memegang lensa kontak. Setelah mencuci tangan bersihkan dengan tissue hingga kering.

3. Perhatikan kuku tangan
Memiliki kuku tangan yang panjang bisa merusak lensa kontak atau bahkan menyebabkan goresan pada mata.

4. Cuci lensa kontak
Lensa akan kotor setelah digunakan beberapa waktu, karena itu rajin-rajinlah mencuci lensa kontak. Letakkan satu pada telapak tangan kemudian gunakan cairan pembersih untuk membersihkannya.

5. Hindari air
Jangan sampai lensa kontak Anda terkena air, karena mikroorganisme yang ada pada air bisa mengontaminasi lensa kontak dan menyebabkan kerusakan pada mata. Selain itu hindari berenang atau mandi menggunakan lensa kontak.

6. Bersihkan tempat lensa
Bersihkan tempat lensa kontak secara teratur dengan mencucinya menggunakan air hangat. Biarkan mengering dengan sendirinya dan jika perlu ganti tempat lensa secara teratur.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menjaga kebersihan lensa kontak. Selain itu, jangan gunakan lensa kontak bergantian dengan orang lain, dan jangan menggunakan lensa kontak saat tidur. Jika Anda mengalami infeksi atau gangguan mata saat memakai lensa kontak, segera gantillah lensa kontak Anda setelah sembuh. Baca juga bahaya menggunakan lensa kontak.
Share on Google Plus

About Unknown

Dilarang berkomentar yang mengandung unsur sara.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment

Cara membersihkan lensa kontak dengan benar