Berita
Loading...

Bahaya penggunaan lensa kontak bisa menyebabkan kebutaan

dampak negatif lensa kontak
Bahaya kontak Lensa

Bahaya menggunaan lensa kontak
- Bagi Anda yang berkaca mata, seringkali pemakaian alat bantu penglihatan ini terasa merepotkan. Terutama bagi Anda yang aktif dalam beraktivitas di luar ruangan. Kaca mata yang Anda gunakan bisa saja jatuh saat Anda berlari-lari. Untuk itulah Anda pun memilih untuk menggunakan lensa kontak. Cukup dengan menempelkannya di bola mata, maka Anda pun bisa melihat dengan jelas tanpa merasa kerepotan.

Jika Anda seorang pengguna lensa kontak, sebaiknya berhati-hatilah dalam menjaga kebersihannya serta selalu tau cara merawat lensa kontak. Sebab pemakaian lensa kontak yang sembarang mampu menyebabkan kebutaan.

Dalam sebuah penelitian yang dilansir dari healthmeup.co, disebutkan bahwa pemakaian lensa kontak seringkali terkena penyakit bernama keratisis. Penyakit ini adalah kondisi di mana kornea mata Anda terinfeksi dengan mikroba, jamur, dan bakteri lainnya.

"Walaupun terlihat bersih dari luar, lensa kontak mampu menjadi tempat bersarangnya kuman. Untuk itulah Anda disarankan agar sering-sering mencucinya dan melepas lensa kontak setiap 4 jam dan maksimal 8 jam sekali. Hal ini untuk meminimalkan paparan bakteri yang kemudian terperangkap di bola mata Anda.

"Keratisis bisa diobati jika telah dideteksi secara dini. Jika tidak diobati, maka keratisis dapat menyebabkan peradangan dan bahkan kebutaan," ujarnya. "Tingkat kebersihan yang buruk menjadi salah satu penyebab utamanya." Baca juga cara membersihkan lensa kontak.
Share on Google Plus

About Risky Nanda

Dilarang berkomentar yang mengandung unsur sara.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment

Bahaya penggunaan lensa kontak bisa menyebabkan kebutaan