Berita
Loading...

Waspada : Sodium Membunuh 1,65 Juta Orang Dalam Setahun

Ilustrasi

Sodium adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, namun dalam takaran yang terbatas. Jika dikonsumsi melebihi batasan setiap harinya, maka sodium dapat memicu penyakit yang bahkan mematikan. Hal itu dibuktikan dalam sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal kesehatan The New England Journal of Medicine.

Jurnal tersebut menuliskan bahwa akibat dari berlebihannya konsumsi sodium, per tahun terdapat 1,65 juta orang yang meninggal dan diduga terkait dengan konsumsi sodium.

Mereka para peneliti tersebut melakukan analisis data dari sejumlah 205 survei tentang pola penggunaan sodium yang dilakukan oleh 187 negara di dunia. Dilansir oleh Merdeka dari laman Women’s Health Mag, hasil dari analisis tersebut cukup membuat kaget.

Konsumsi sodium kebanyakan orang di dunia ternyata melebihi batas normal dan aman yang disarankan oleh WHO, yaitu hanya 2 gram saja per hari. Sementara orang-orang mengonsumsi hingga 3,95 gram sodium dalam sehari, dari berbagai jenis makanan yang mereka konsumsi.

Untuk wilayah seperti Asia Tengah, konsumsi tersebut bahkan jauh di atas ambang aman yaitu rata-rata 5,51 gram per hari. Sementara wilayah Afrika lebih baik, hanya 2,18 gram perhari.

Para peneliti lalu mengaitkan dengan jumlah kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh banyaknya asupan sodium.

Kesimpulannya, terdapat 1,65 juta orang di seluruh dunia yang meninggal akibat penyakit tersebut. Ini diperoleh dari sampel urine pasien yang datanya dianalisis, dengan jumlah kandungan sodium di dalamnya.

Disarankan bagi Anda untuk membatasi asupan sodiumseminimal mungkin, dalam sehari tak lebih dari 2 gram. Sodium dalam kehidupan sehari-hari banyak ditemukan dalam makanan awetan atau makanan kaleng, juga garam.
Share on Google Plus

About Risky Nanda

Dilarang berkomentar yang mengandung unsur sara.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment

Waspada : Sodium Membunuh 1,65 Juta Orang Dalam Setahun