Berita
Loading...

Ternyata Karpet Menyimpan Bahaya untuk Kesehatan

Ilustrasi

Karpet digunakan sebagai aksesoris sekaligus alas untuk lantai di rumah. Di atas karpet biasanya anak-anak dan seluruh keluarga bercengkrama, duduk, serta tiduran dan menonton televisi. Akan tetapi dibalik nyamannya karpet, ternyata ada bahaya yang mengintai terhadap kesehatan kita, lho.

Sebuah penelitian dari perusahaan Rug Doctor, perusahaan pembersih karpet, diketahui bahwa karpet adalah sarang dari berbagai jenis bakteri dan kuman. Misalnya saja bakteri Escherichia coli, bakteri penyebab infeksi pernafasan, dan bakteri pneumonia.

Hal itu akan makin parah jika karpet di rumah Anda jarang dicuci, atau dibersihkan secara rutin. Apalagi bila di rumah terdapat anjing atau kucing peliharaan yang bebas berkeliaran di karpet tersebut. Juga anak-anak yang keluar dan masuk rumah tanpa alas kaki, lalu menginjak karpet tersebut.

Memang bakteri dan kuman tersebut tidak akan tampak secara kasat mata sehingga pemilik rumah kadang menganggap karpet itu bersih. Padahal sesungguhnya karpet tersebut merupakan sarang bakteri dan kuman.

Makin parah jika proses pembersihan tak sesuai dengan prosedur kebersihan. Misalnya karpet hanya disapu dengan sapu lidi, ditepuk-tepuk dan dijemur tanpa dicuci. Karpet juga merupakan barang yang kerap luput dari proses pembersihan.

Bagaimana jika anak-anak menjatuhkan makanannya di sana, lalu memungut dan memakannya kembali. Atau anak-anak tiduran dan bermain di atas karpet yang jarang dibersihkan tersebut. Sudah jelas sangat beresiko menyebabkan mereka sakit, bukan?

Penyakit perut atau bahkan infeksi saluran pernafasan bisa diidap oleh anak-anak dan penghuni rumah lainnya. Bisa juga timbul alergi debu karena banyaknya debu yang ada di karpet tersebut. Nah, dengan kondisi demikian, maka sebaiknya pertimbangkan kembali untuk memakai karpet, jika Anda khawatir putra-putri Anda menderita sakit akibat karpet yang jarang dibersihkan.
Share on Google Plus

About Unknown

Dilarang berkomentar yang mengandung unsur sara.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment

Ternyata Karpet Menyimpan Bahaya untuk Kesehatan