Berita
Loading...

Fakta Menarik Tentang Telinga Manusia

Fakta Menarik Tentang Telinga Manusia
Ilustrasi telinga manusia ( Image : pixabay )

Fakta Telinga Manusia - Telinga merupakan salah satu dari indera manusia yang penting. Telinga membantu Anda untuk mendengarkan suara dari luar tubuh dan mempertahankan keseimbangan tubuh.

Telinga manusia juga merupakan organ tubuh yang rumit dan sensitif. Semua bagian di luar maupun di dalam telinga bekerja secara berkesinambungan untuk mendeteksi dan menganalisa suara yang terdengar sehingga membuat Anda mampu berkomunikasi dengan dunia di sekitar Anda.

Selain fakta tersebut, berikut adalah fakta menarik dan unik tentang telinga manusia seperti dilansir dari healthmeup.com.


Fakta Menarik Tentang Telinga

Telinga mampu membersihkan dirinya sendiri. Pori-pori di saluran telinga menghasilkan cerumen atau yang dikenal dengan ear wax, sementara rambut kecil yang disebut dengan silia akan mendorong kotoran tersebut untuk keluar dari saluran telinga.

Pernah mendengar sesuatu yang berbunyi pop yang datang dari dalam telinga ketika Anda sedang menguap? Hal tersebut berasal dari bunyi tabung Eustachio yang terbuka untuk menstabilkan tekanan di telinga bagian tengah dengan tekanan udara dari luar. Tabung eustachio sendiri merupakan saluran yang menghubungkan rongga telinga tengah dengan nasofaring.

Telinga tidak hanya berfungsi sebagai alat pendengaran. Telinga juga mampu menyeimbangkan tubuh karena adanya semicircular canals yang menghasilkan cairan dan disebut dengan endolymph. Endolymph menentukan rotasi, akselerasi, atau gerakan kepala. Jika aliran endolymph terganggu maka akan membuat Anda pusing. Itulah sebabnya kenapa Anda merasa pusing setelah berputar sangat cepat.

Telinga tidak pernah tidur. Kedua telinga Anda selalu bekerja untuk memproses suara sementara otak Anda mematikan suara tersebut saat Anda tidur.

Penyebab paling umum dari gangguan pendengaran adalah paparan suara yang sangat keras (85 desibel atau lebih tinggi). Gangguan ini disebut dengan noise-induced hearing loss (NIHL). Sementara suara manusia sendiri saat berbicara normal adalah 60 desibel.

Adanya sel rambut kecil di telinga bagian dalam juga berperan dalam proses pendengaran. Mereka mendeteksi gelombang suara dan mengirimkan sinyalnya ke saraf. Jika sel rambut tersebut rusak, maka tidak dapat dibenahi kembali sebab sel tersebut tidak tumbuh kembali.

Ketika Anda berada di ketinggian, seringkali Anda merasakan sensasi seperti mendenging di telinga. Hal ini terjadi karena tabung eustachio tidak dapat menjaga keseimbangan tekanan tubuh.

Ternyata telinga Anda menyimpan banyak fakta yang menarik bukan? Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda tentang fakta dari telinga manusia. Baca juga foto nenek diperlakukan seperti binatang.
Share on Google Plus

About Risky Nanda

Dilarang berkomentar yang mengandung unsur sara.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment

Fakta Menarik Tentang Telinga Manusia